Tips Rahasia Memasak Rendang Padang

Rahasia Membuat Rendang Padang Yang Enak - Rendang yang enak selain karena santan yang banyak juga karena rendang dimasak dalam tungku dengan menggunakan api dari kayu bakar serta mamakai kuali yang tebal. Disamping itu bumbu rendang ini harus segar, proses penggilingan sendiri menggunakan batu gilingan ( batu lado ). Penghalusan bumbu tidak menggunakan blender atau mesin penghalus lainnya. Daging yang akan dibuat rendang juga harus daging pilihan, yakni daging yang padat dan tanpa lemak.

Bagi orang Minangkabau, membuat rendang ada tips rahasia masakan rendang yang diwariskan secara turun temurun. Daerah Payakumbuh merupakan penghasil rendang terlengkap di Minangkabau, ada banyak macam rendang yang bisa anda pesan disana termasuk rendang yang langka sekalipun seperti rendang lumek ( rendang dari ikan gabus yang dicampur daun kayu ), rendang telur, rendang runtiah ( rendang suwir ), rendang paru, rendang belut, serta rendang ikan.

Tips memasak rendang langka seperti rendang lumek adalah ikan gabus, daun surian, mali mali, daun sikaduduak, daun kopi, semua direndang sampai kering serta daging ikan menjadi lumat, itulah sebabnya dinamakan rendang lumek. 


Rendang saat ini memang tidak hanya milik orang minang atau hanya ada dirumah masakan Padang bahkan diwarung tegal pun bisa kita temukan rendang meski rasanya agak manis dan tidak terlalu pedas.

Saat ini rendang sudah mendunia. Rendang dipilih sebagai salah satu dari 50 makanan terlezat didunia survei versi CNNGo.com pada September 2011. Terlebih lagi setelah Jay Harris ( sound designer ) merancang konsep berbalur imajenasi tentang makna filosofis rendang. Bisa anda lihat di www.jay-harris.co.uk/Files/Rendang.mp3

Sebagai salah satu ikon budaya, rendang tidak cuma dinikmati melainkan dijaga pula kemurniannya. Meski bahan dasar rendang dan cara pembuatannya sama namun hasilnya tergantung pada sentuhan tangan ( lakek tangan ) pemasaknya. Persis seperti karya seni, pembuatannya tidak bisa diwakilkan, harus satu orang dari mulai menyusun bumbu sampai selesai proses memasaknya.

Tips proses memasak rendang adalah dengan cara dipanaskan berulang ulang. Tidak hanya daging sapi, ikan gabus sampai dedaunan pun bisa dibuat rendang. Warga pesisir bisa membuat lokan sedangkan warga pegunungan ( darek ) bisa membuat rendang dari daun atau biji tanaman yang ada dipekarangan rumah mereka.

Variasi masakan rendang memang beraneka ragam contohnya untuk satu jenis bahan baku utama saja bisa muncul berbagai versi. Daging sapi misalnya ada yang masih agak basah, ada juga yang kering, ada yang berwarna merah menyala, dan warnan coklat kehitaman. Ada yang sangat pedas dengan banyak pemakaian cabai, ada pula yang pedas hitam manis dengan tambahan gula jawa.

Tetapi secara global rendang Minangkabau terbagi dua yakni rendang dari wilayah darek ( pegunungan ) dan Pesisir. Wilayah darek adalah daerah tua tempat asal kerajaan Minangkabau seperti kabupaten tanah datar, Agam, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Padang Panjang, dan Bukittingi. Sedangkan wilayah pesisir meliputi Pariaman, Padang Pariaman, Kota Padang, Pesisir Selatan, dan Pasaman.

Dalam Memasak rendang, teknik memasak rendang dua wilayah ini berbeda termasuk dalam pemilihan resep bumbu rendang. Darek menggunakan bumbu rendang yang tergolong lebih sederhana begitupun dengan teknik memasaknya. Kesederhanaan bumbu rendang derek tampak pada hanya sebatas penggunaan cabai, jahe, lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, daun salam, serta kunyit menghasilkan rasa rendang dare agak manis pedas lada. 

Berbeda dengan rendang pesisi yang kaya bumbu seperti ketumbar dll. serta memiliki tips cara memasak rendang yang berbeda dengan wiyalah darek.
blog search directory

wdcfawqafwef